Jumat, 11 Oktober 2013

Sistem Informasi Kesehatan di S1 Keperawatan STIKES Kota Sukabumi

Sistem informasi kesehatan adalah sistem pengolahan data dan informasi kesehatan untuk mendukung manajemen kesehtan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sistem informasi kesehatan sekarang ini sudah menggunakan konsep sistem komputerisasi dimana komputer berperan membantu penyelesaian masalah dengan cepat , tidak terencana secara baik sebuah sistem informasi adalah faktor utama kegagalan sebuah sistem informasi untuk itu sebuah sistem informasi harus di rencanakan secara matang.

Dalam hal ini memang sistem informasi kesehatan memiliki peran penting dalam menunjang terlaksananya pelayanan kesehatan yang baik, untuk itu setelah saya mengikuti perkuliahan yg diberikan dosen dalam mata kuliah SIK ( Sistem Informasi Kesehatan ), saya dapat mengetahui kegunaan SIK dalam bidang keperewatan, salah satunya untuk mempermudah pencarian data pasien ataupun untuk pendokumentasian. Di STIKES Kota Sukabumi sendiri telah menerepkan mata kuliah SIK di tingkat II ,tepatnya pada semester 2 di S1 Keperawatan, oleh karenanya kami di tuntut untuk bisa mengoperasikan data pasien dalam bentuk database untuk mempermudah jalannya Sistem Informasi Kesehatan.

SIK sendiri tidak hanya mempermudah pendataan akan tetapi berguna pula untuk mengakses data antar Puskesmas maupun Rumah Sakit. Kami sebagai calon perawat memang di haruskan memiliki keterampilan dalam bidang komputerisasi dan tidak hanya bergantung pada skill saja akan tetapi knowledge dan skill yg harus saling berkolaborasi agar mendapat calon-calon perawat yang profesional

STIKESMI Ayyeyyyyyyy ..... ^L^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar